Sinergi Guru dan Wali Murid Kunci Pendidikan

tglpost 2016-10-27 tukangpost Abdul Mukhid ketegori Kegiatan Siswa

MTS Negeri Grabag menggelar seminar pentingnya kerja sama antara Madrasah dengan wali murid untuk menunjang keberhasilan pendidikan. (suaramerdeka.com/ MH Habib Shaleh)

MTS Negeri Grabag menggelar seminar pentingnya kerja sama antara Madrasah dengan wali murid untuk menunjang keberhasilan pendidikan. (suaramerdeka.com/ MH Habib Shaleh)

GRABAG, suaramerdeka.com - Kepala MTS Negeri Grabag, Kabupaten Magelang H Abdul Ghofar SPd meminta para orang tua memberi rasa aman dan nyaman bagi putra dan putri mereka. Rasa aman dan nyaman ini dinilai sebagai kunci keberhasilan proses pendidikan.

“Agar pendidikan anak bisa berhasil seorang anak membutuhkan rasa aman dan nyaman dalam belajar,” kata H Abdul Ghofar SPd saat membuka seminar dan parenting di Aula MTS Negeri Grabag.

Seminar bertema “Pentingnya Kerjasama Antara Madrasah dengan Wali Murid” ini diikuti 326 wali murid kelas VII. Sebagai pembicara adalah Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Bapermaspuan dan KB Uswatun Wulandari, Kasat Binmas Polres Magelang AKP Faizun dan Aiptu Zaenal Arifin.

Menurut Abdul Ghofar seminar ini bertujuan menyamakan wawasan antara orang tua dengan madradah atas pendidikan anak. “Kami berharap ada kerja sama dan kebersamaan dalam mendidik, membimbing dan mengontrol anak didik,” kata dia.

Faizun mengingatkan para orang zaman sekarang tidak cukup hanya mengarahkan dan memberi contoh saja. Ia menegaskan orang tua harus bisa menjadi contoh dan suri teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Disebutkan bahwa membentuk karakter anak tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada sekolah. Proses pembentukan katakter juga harus dilakukan di rumah dan masyarakat. “Saran kami gunakan bahasa kromo inggil di dalam rumah. Bahasa Jawa merupakan bahasa terbaik untuk transfer nilai-nilai keluarga,” kata Faizun.

Sementara itu, Zaenal Arifin menyoroti betapa kuat pengaruh orang tua terhadap perkembangan anak. Ia mengajak para orang tua untuk tidak segan mengajari anak dan menaunjukkan kasih sayang. “Untuk mencegah kenakalan remaja, Pemkab Magelang merintis desa layak anak dan sekolah ramah anak,” tambah Uswatun Wulandari.

(MH Habib Shaleh/ CN33/ SM Network)

 

sumber: http://berita.suaramerdeka.com/sinergi-guru-dan-wali-murid-kunci-pendidikan/


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini