Latih Berkurban, MTsN 4 Magelang Sembelih 6 Ekor Kambing

tglpost 2018-08-23 tukangpost Abdul Mukhid ketegori Kegiatan Siswa

mtsn4magelang--Kamis pagi, 11 Dzulhijah 1439 H (23/08/2018), MTsN 4 Magelang benar-benar memanfaatkan Momentum Hari Raya Idul Adha untuk menanamkan nilai-nilai spiritual lewat berkurban pada siswa-siswi nya. Terlihat suasana di MTs Negeri 4 Magelang begitu semarak oleh para siswa yang ingin menyaksikan langsung prosesi praktek penyembelihan hewan kurban.

Pada hari raya kurban tahun ini, siswa-siswi MTsN 4 Magelang melaksanakan kegiatan latihan berkurban dengan menyembelih 6 ekor kambing. Proses Penyembelihan hewan qurban dimulai pukul 07.30 WIB, dimana sebelum penyembelihan seluruh siswa mendapat kuliah umum di masjid tentang tata cara berkurban dari cara memilih hewan, cara menyembelih, sampai makna dibalik kurban itu sendiri oleh kepala madrasah, H. Tasimin, S.Ag. M.S.I.  

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di lapangan dekat masjid madrasah. “Nanti penyembelihan di lapangan, dan siswa praktek langsung, nyembelih sendiri, nyembelih hewannya sendiri, tapi dicontohkan dulu oleh Pak Nasir nanti” ujar H. Tasimin, S.Ag. M.S.I. selaku kepala MTsN 4 Magelang.

Praktek Penyembelihan hewan kurban di contohkan oleh beliau Bapak Drs. Abdi Nasir, dari mulai doa sebelum menyembelih, cara menyembelih, sampai doa setelah menyembelih kemudian di ikuti oleh siswa kelas IX yang praktek langsung. Hal ini karena kelas IX sudah mendapatkan materi kurban di minggu kemarin tahun ajaran ini, begitu kata bapak Khoirodin, S.Ag, Guru Fikih kelas IX.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan memotong dan membersihkan daging qurban dan di bungkus sebanyak kurang lebih 300 kantong daging qurban dibagikan kepada siswa dan warga madrasah. Muh Nursahid, S.Pd Ketua pelatihan kurban mengatakan, kurban ini dari siswa dan untuk siswa, agar siswa peduli sesama, dan belajar untuk berbagi bersama. “Melalui hewan kurban yang disembelih, siswa-siswi MTsN 4 Magelang diajarkan tentang sejarah keteladanan Nabi Ibrahim As, nilai-nilai yang terkandung didalamnya hingga nilai berbagi pada sesama” imbuh beliau.

 

Bambang E. Santoso M.Pd mengungkapkan “Harapannya, anak memiliki rasa dan semangat untuk berbagi, dan menolong terhadap sesama. Kemudian mereka nantinya bisa memiliki Kesadaran untuk berkurban”.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini